Delphi 7 : Komponen Input (Standar VCL)

Dalam sebuah proses tidak akan berjalan sesuai harapan tanpa adanya inputan, karenanya inputan maka proses berjalan menghasilkan outputan (halah,,opo tho) :D . Heee,,ya memang seperti itu urutannya, sebelum ada proses harus ada yang diproses dengan kata lain ada input kemudian proses baru muncul output.. Masak ya tiba – tiba ada ibu telat tiga bulan terus di vonis hamil kemudian muncul seorang bayi tanpa ada inputan.. :D

Kecuali Maryam bunda Isa Al Masih wanita telah yang dipilih, disucikan dan dilebihkan atas segala perempuan diseluruh alam oleh Allah azza wa jalla (Q.S Ali Imran 42), dikisahkan dalam qur’an Ali Imran ayat 45-47 :

“(Ingatlah), ketika para malaikat berkata,”Wahai Maryam! Sesungguhnya Allah Menyampaikan kabar gembira kepadamu tentang sebuah kalimat (firman) dari-Nya (yaitu seorang putra), namanya Al-Masih putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhiraat, dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah) dan dia berbicara dengan manusia (sewaktu) dalam buaian dan ketika sudah dewasa, dan dia termasuk di antara orang-orang saleh.” Dia Maryam berkata, “Ya Tuhanku, bagaimana mungkin aku akan mempunyai anak, padahal tidak ada seorang laki-laki pun yang menyentuhku?” Dia (Allah) berfirman,”Demikianlah Allah menciptakan apa yang Dia kehendaki. Apabila Dia hendak menetapkan sesuatu, Dia hanyaberkata kepadanya,”Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu”"

Ok,,kembali lagi ke masalah delphi.. :D

tentunya untuk melakukan proses, ya tadi balik lagi butuh sebuah input. Untuk itu kita harus mengenal macam Рmacam input yang telah disediakan oleh Delphi, biar kita ga salah masuk dan malah enggak -  enggak jadinya. Delphi menyediakan berbagai macam inputan, yang paling standar kita pakai yaitu semacam textbox, radiobutton, combobox, listbox, checkbox, scrollbar dll.

Untuk lebih lanjutnya monggo silahkan download filenya..Matur Suwun

Comments

  1. Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>