Delphi 7 : Pengenalan IDE Delphi7

Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman dan lingkungan pengembangan perangkat lunak. Produk ini dikembangkan oleh CodeGear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik Embarcadero, divisi tersebut sebelumnya adalah milik Borland. Bahasa Delphi, atau dikenal pula sebagai object pascal (pascal dengan ekstensi pemrograman berorientasi objek (PBO/OOP)) pada mulanya ditujukan hanya untuk Microsoft Windows, namun saat ini telah mampu digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk Linux dan Microsoft .NET framework. Dengan menggunakan Free Pascal yang merupakan proyek opensource, bahasa ini dapat pula digunakan untuk membuat program yang berjalan di sistem operasi Mac OS X dan Windows CE (Wikipedia, 2010).

Delphi adalah sebuah perangkat lunak (bahasa pemrograman) untuk membuat program atau aplikasi komputer berbasis windows. Delphi merupakan bahasa pemrograman berbasis obyek, artinya semua komponen yang ada merupakan obyek – obyek. Ciri sebuah obyek adalah memiliki nama, properti, dan method / prosedur (Kadir, 2004).

Lingkungan Kerja Delphi (IDE)

Lingkungan pengembangan terpadu atau Integrated Development Environment (IDE). IDE merupakan sebuah lingkungan dimana semua tombol perintah yang diperlukan untuk mendesain aplikasi, menjalankan dan menguji apakah sebuah aplikasi disajikan dengan baik untuk memudahkan pengembangan program (Madcoms, 2003). IDE Delphi terbagi menjadi enam bagian utama, yaitu Main Window, ToolBar, Component Palette, Form Designer, Code Editor, dan Object Inspector.

 

a. Main Window

Main window adalah bagian IDE yang mempunyai fungsi yang sama dengan semua fungsi utama dari program aplikasi Windows lainnya. Main window Delphi terbagi menjadi tiga bagian, berupa main window, toolbar dan component palette.

b. ToolBar

Delphi memiliki beberapa toolbar yang masing – masing memiliki perbedaan  fungsi dan setiap tombol pada bagian toolbar berfungsi sebagai pengganti suatu menu perintah yang sering digunakan. Toolbar terletak pada bagian bawah garis menu. Pada kondisi default Delphi memiliki enam bagian toolbar, antara lain Standard, View, Debug, Desktop, Custom, dan Component Palette.

c. Component Palette

Component Palette berisi kumpulan ikon yang melambangkan komponen – komponen yang terdapat pada VCL (Visual Component Library)

d. Form Designer

Merupakan suatu objek yang dapat dipakai sebagai tempat untuk merancang program aplikasi. Form berbentuk sebuah meja kerja yang dapat diisi dengan komponen  – komponen yang diambil dari Component Palette.

Dalam sebuah form terdapat titik – titik yang disebut grid yang berguna untuk membantu pengaturan tataletak objek yang dimasukkan dalam form, dan gerakan pointer mouse akan disesuaikan dengan posisi titik – titik grid.

Sebuah form mengandung unit yang berfungsi untuk mengendalikan form, yang dapat dikendalikan dengan menggunakan Object Inspector dan Code Editor

e. Code Editor

Merupakan tempat untuk menuliskan kode program dan menuliskan pernyataan – pernyataan objek Pascal. Keuntungan menggunakan delphi adalah kita tidak perlu menuliskan kode – kode sumber, karena Delphi telah menyediakan kerangka penulisan sebuah program.

f. Object Inspector

Object Inspector digunakan untuk mengubah properti atau karakteristik dari sebuah komponen. Object Inspector terdiri dari dua tab, yaitu Properties dan Events.

Tab Properties

Digunakan untuk mengubah properti komponen.

Tab Events

Bagian yang dapat diisi dengan kode program tertentu yang berfungsi untuk menangani event – event (kejadian – kejadian yang berupa sebuah prosedur) yang dapat direspon oleh sebuah komponen.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>