Jelajah Pantai : Pantai Sadranan

Ngomong – ngomong soal pantai sadranan, sebenarnya ga ada rencana untuk mengunjungi pantai ini. Karena emang rencana awal kita adalah pantai sundak, pantai krakal dan kukup. Pantai ini tidak sengaja kami temukan saat saya dan teman – teman naik ke atas bukit sebelah barat pantai sundak. Pas kita dalam perjuangan pendakian ke atas bukit, kita di buat takjub dengan apa yang kita lihat. Tak disangka ternya di balik bukit sebelah timurnya pantai sundak ada pantai yang sepi, bersih lagi indah. Temen saya bilang itu pantai sadranan, kok belum pernah denger ya?. Okelah klo begitu, setelah turun dari bukit dan menemui teman – teman yang masih asyik bermain air, kita tawarkan untuk pindah spot ke sebelah. Dan teman – teman pun menyetujuinya, dengan pakaian yang masih basah kuyup kita berpindah tempat dengan tujuan pantai sadranan. Setelah berjalan beberapa menit sempat bingung juga sih, karena kita memang ga tau jalan masuknya. Di tambah lagi tidak ada petunjuk arah ke pantai seperti lazimnya pantai yang lain.

Tibalah sampai pada suatu gang masuk, dengan jalan yang masih berbatu kita putuskan untuk memasukinya. Masuk sekitar 100 meteran, di balik sebuah bukit, sayup – sayup mulai terdengar deburan ombak yang menderu – deru. Terlihatlah papan yang menunjukan kita telah sampai di pantai sadranan, namun pantai belum kelihatan dengan jelas  karena tertutupi oleh tumbuhan pandan berduri yang lebat. Dengan penuh semangat kita menuju ke arah pantai yang kurang lebih sekitar 20 meteran dari tempat kita parkir. Saat menuju pantai terlihat di sebelah kiri di sebuah perbukitan ada semacam cottage / bungalau / resort yang kayaknya ga begitu asing bagi saya. Semakain menyusuri jalan setapak menuju pantasi terdapat bekas bangunan yang mangkrak  dan rasa – rasanya seperti bekas sebuah sirkuit, dan seperti ada jalur yang bentukknya seperti jungkat – jungkit. Langsung saja teringat bahwa inilah area dari crab adventure, suatu penyedia tour dan travelling dengan rasa yang berbeda, yaitu konsep wisata offroad di daerah yogyakarta. Saya teringat karena salah satu stasiun TV, pernah menayangkan mengenai wisata offroad ini. Hahahaha, puas hati saya. Ternyata pantai yang terkenal indah dan terkenal dengan watulawang nya yang selama ini saya cari – cari bisa ketemu juga tanpa sengaja.

Pantainya bener – bener sepi, dan ombaknya ga begitu besar. Teman – teman pun langsung menceburkan diri untuk melanjutkan basah – basahannya. Tapi rasa penasaran saya belum terjawab, karena pantai yang saya lihat dari atas bukit pas di pantai sundak bukan ini. Karena terdorong rasa penasaran saya, saya mencoba menelusuri pantai ke arah timur hingga sampailah pada bukit karang. Dan benar juga,ternyata pantai yang saya lihat berada di balik bikit karang tersebut.

Akhirnya saya memanggil teman – teman untuk berpindah ke sana, karena pantai lebih sepi. Hampir satu 1/2  jam kita bermain di pantai ini. Tak terasa sore telah datang, dan matahari pun mulai meredupkan sinarnya. Kami pun pulang dengan perasaan puas. Sungguh indah ciptaan Allah Yang Maha Indah, dengan alamnya kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran begitu besarnya kekuasaanMu atas segala apa yang ada di langit dan di bumi ini. Maha Suci Allah dengan segala ciptaanNya.

Comments

  1. By Dedy

    Reply

  2. By ira

    Reply

    • By Dian S. Prastowo

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>