Macam – macam duduk dalam gerakan Sholat

1. Duduk iq’a

Duduk iq’a adalah duduk dengan menegakkan telapak dan tumit kedua kakinya

duduk ini kadang dilakukan dalam gerakan sholat pada saat duduk diantara dua sujud.

Nabi terkadang duduk iq’a, [yaitu duduk dengan menegakkan telapak dan tumit kedua kakinya]“(HR. Muslim, Abu ‘Awanah dan Abu Syekh dalam kitab hadits yanag diriwayatkan oleh abu Zubair dari jabir, hal. 104-106 dan Baihaqi)

2. Duduk iftirasy

Duduk iftirasy adalah duduk di atas telapak kaki kiri yang dihamparkan dan telapak kaki kanannya ditegakkan.

duduk ini dilakukan dalam gerakan sholat pada saat duduk tasyahhud awal

Nabi kemudian duduk tasyahhud setelah raka’at kedua. Bila shalat yang dilakukkannya hanya dua raka’at, seperti shalat Shubuh, beliau duduk iftirasy” (HR. Nasa’i (1/153) dengan sanad shahih)

Bila kamu duduk di pertengahan shalat, hendaklah kamu tuma’ninah dan hamparkanlah paha (telapak kaki) kirimu, kemudian bacalah tasyahhud” (HR. Abu Dawud dan Baihaqi dengan sanad Jayyid)

3. duduk tawarruk

Duduk tawarruk adalah duduk dengan pantat kiri menempel ke tanah, kaki kiri dan kaki kanan berada pada satu sisi (yaitu sisi kanan) dan menjadikan kaki kirinya berada di bawah paha dan betis (kaki kanan)

duduk ini dilakukan dalam gerakan sholat pada saat duduk tasyahhud akhir.

Dalam tasyahhud akhir ini beliau menyuruh membaca bacaan seperti tasyahhud awal, tetapi bedanya pada tasyahhud akhir ini beliau duduk tawarruk” (HR. Bukhari) “yaitu pantat kiri menempel ke tanah, kaki kiri dan kaki kanan berada pada satu sisi” (HR. Abu Dawud, Baihaqi dengan sanad shahih) “(yitu sisi kanan)nya serta menegakkan teelapak kaki kanannya, namun kadang menghamparkannya“(HR. Muslim dan Abu ‘Awanah)

Sumber : Buku Sifat Shalat Nabi (Muhammad Nashiruddin Al-Albani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>