Angkringan Gedongan…

Kemaren hari senin saya dan teman – teman jalan – jalan ke daerah karanganyar, setelah hampir setengah siang..gimana ga setengah siang, secara yang awalnya rencana perginya jam 8 bisa meleset sampai pukul 1/2 satu.. :D Iya sih memang terjadi perubahan rencana, yang tadinya rencana kita mau ke pantai selatan pulau jawa harus di alihkan 180 derajat. Jadinya kita putuskan untuk main – main ke pegunungan. Tanpa tujuan yang jelas, spot mana yang mau kita tuju. Pokoknya berangkat aj lah..Sampai di daerah karangpandan kita ambil arah candi cetho, tak kirain juga mau ke kebun teh daerah kuningan..Ngikutin yang paling depan aja deh,,ternyata yang dituju adalah salah satu air terjun di derah jumok, dan bukannya air terjun jumok tapi kita malah ke air terjun parangijo.

Lumayan lah, tidak mengecewakan tetapi tidak cukup membuatku tertarik. Karena air terjun yang ada di lereng gunung lawu tersebut udah ga alami lagi. Bagian atasnya sudah di cor untuk memperderas aliran. Hampir dua jam kita di sana, sekitar pukul 4 kita turun. Setelah menuggu hujan reda, Alhamdulillah Allah masih murah hati memberikan rezeki hujan. Selepas keluar dari daerah karangpandan, medung terlihat menggelayut di langit barat. Dan hujan deras pun turun juga, dengan penuh semangat dan percaya diri akhirnya kita nekat menerobos derasnya hujan. Gila, dingin banget. Air hujan terasa menusuk – nusuk tulang (halah berlebihan), secara ga pakai jas hujan dan pakaian udah basah kuyup semua.

Hampir masuk kota karanganyar dan waktu sudah menjelang magrib, akhirnya kita memutuskan untuk makan dulu di daerah timur alun – alun. Klo ga salah nama angkringan mbah ronggo, teman saya menceritakan begitu nikmatnya teh panas khas angkringan itu. Katanya kalau kakaknya pulang selalu menyempatkan ke situ. Wah wis ngeces – ngeces ki mbayangke uueenaakke teh panas, lha piye maneh wis kademen j.. :D . Setelah mengitari alun – alun kita memutar ke arah timur lagai menuju TKP, namun sayang seribu sayang. Warungnya tutup..hikhikhik,,,Untuk menyembuhkan rasa kecewa akhirnya teman saya memilih warung angkringan juga, masih di di jalan protokol karanganyar entah letaknya disamping gedung apa, kayaknya sih kayak perkantoran pemerintah. Yang jela letaknya kanan jalan klo dari arah solo setelah alun – alun dan sebelum traffic light. Berhubung perut udah teriak – teriak karena diserang dinginnya hujan, langsung aja saya memposisikan diri diatas yang dekat dengan makanan :D , temen cewek lebih memilih lesehan. Satu gelas teh jahe panas saya pesan untuk menghangatkan tubuh yang telah mendingin karena hujan.

Comot sana comot sini, akhirnya saya memutuskan untuk makan nasi. Bingung juga mau makan apa, tanya punya tanya menu nasi apa aja yang ada. Ada nasi goreng bungkus, nasi sambal bandeng, nasi bakar klo mau masakan aneka mie instans juga ada. Untuk percobaan pertama saya memilih nasi bakar, subhanallah enak tenan cah. Ga bisa lah saya menggambarkan secara detail mengenai rasa nasi bakar tersebut seperti pak bondan dalam wisata kulinernya, pokonya yang saya tau rasanya itu enak, harum (karena ada dun kemangi). Klo kata temen saya itu nasinya nasi goreng..emmmmm, gitu ya…. Klo pelengkapnya sih, cincangan daging ayam, nasinya dibalut dengan dadar telur yang kemudian dibalut lagi dengan daun pisang. Tak pikir – pikir ini kayak arem – arem ukuran jumbo, tapi nasinya pake nasi goreng. Kenikmatan tidak cukup sampai disitu makanan yang dihidangkan dengan beragam dengan bentuk dan warna yang menggairahkan, tidak bisa mencegah tangan saya untuk mengambilnya dan memasukkan ke mulut saya..nyam nyam.. :D .

Soal harga tentunya berbeda lah dengan HIK atau angkringan pada normalnya, biasanya untuk nasi harganya 1000 rupiah tapi klo ini rata – rata 3000 – 4000 rupiah secara ini porsinya porsi macan bukan lagi porsi kucing. :D Setelah dirasa cukup, kita memutuskan untuk meneruskan perjalanan menuju rumah dan masih dengan iringan hujan rintik – rintik yang setia menemani kita sampai tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>