Delphi 7 : DataModule (Urusan Database)

Menempatkan komponen dalam sebuah modul data terpusat adalah suatu kebiasaan dalam membuat aplikasi. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan properti dari komponen dataset, seperti TClientDataSet, untuk mengontrol data yang tersedia untuk komponen sumber data yang menggunakan dataset tersebut. Mengatur properti readonly ke True untuk dataset mencegah pengguna dari mengedit data yang mereka lihat dalam kontrol visual data-aware pada formulir. Anda juga dapat memanggil editor Fields untuk dataset, dengan mengklik dua kali pada ClientDataSet1, untuk membatasi field dalam tabel atau query yang tersedia untuk sumber data dan karena itu dengan kontrol data-aware pada formulir. Sifat-sifat yang Anda tetapkan untuk komponen dalam sebuah modul data berlaku secara konsisten terhadap semua bentuk dalam aplikasi anda yang menggunakan modul.

Selain properti, Anda dapat menulis pengendali event untuk komponen. Misalnya, komponen TDataSource memiliki tiga kejadian yang mungkin: OnDataChange, OnStateChange, dan OnUpdateData. Sebuah komponen TClientDataSet memiliki lebih dari 20 peristiwa potensial. Anda dapat menggunakan peristiwa ini untuk membuat satu set yang konsisten aturan bisnis yang mengatur manipulasi data seluruh aplikasi Anda.

Anda dapat membuat dan memelihara data modul mengandung komponen nonvisual. Sebuah modul data dalam bentuk standar dengan latar belakang putih. Untuk membuat, data module, pilih File | New | Data Modul (atau File | Baru | lain dan klik icon Data Module), menambahkan komponen dengan memilih mereka dari palet Komponen dan mengklik pada modul data. Gunakan Object Inspector untuk mengatur properti komponen.

Comments

  1. Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>