Delphi 7 : Koneksi Delphi ke MS. Acces

Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek. (http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Access)

untuk melakukan koneksi ke MS. Acces dibutuhkan komponen Ado. Komponen dbGo menyediakan akses data melalui kerangka ADO. ADO (Microsoft ActiveX Data Objects) adalah sekumpulan objek COM yang mengakses data melalui penyedia OLE DB. Komponen dbGo merangkum obyek-obyek ADO dalam arsitektur database Delphi.
Lapisan ADO dari suatu aplikasi berbasis ADO terdiri dari Microsoft, ADO 2.1 sebuah provider OLE DB atau driver ODBC untuk akses menyimpan data, klien perangkat lunak untuk sistem database tertentu yang digunakan (dalam kasus database SQL), database back-end diakses oleh aplikasi (untuk sistem database SQL), dan database sistem. Semua ini harus dapat diakses oleh aplikasi berbasis ADO agar bisa berfungsi sepenuhnya.
Objek ADO yang paling menonjol adalah Connection, Command, dan objek Recordset. Objek ini ADO di kapsulasi dalam TADOConnection, TADOCommand, dan komponen ADO dataset. Kerangka ADO mencakup lainnya “pembantu” objek, seperti Lapangan dan objek Properties, tetapi ini biasanya tidak digunakan secara langsung dalam aplikasi dbGo dan tidak dibungkus oleh komponen khusus.

buat project baru setelah itu letakkan komponen TADOConnection ke form, untuk melakukan koneksi silahkan beralih pandangan ke object inspector

klik tombol … maka akan muncul dialog seperti berikut

tekan tombol Build

pilih Microsoft JET 4.0 OLE DB Provider kemudian tekan next

cari dimana file database acces berada dengan menekan tombol … setelah itu pilih Tombol Test Connection jika ada keterangan Succes berarti koneksi ke MS. Acces telah berhasil. Untuk lebih yakin, kita coba ubah properties ADOConnection pada properties connected diubah menjadi TRUE jika muncul form untuk memasukkan password maka ubah properties LoginPrompt menjadi FALSE. Coba properties connected diubah menjadi TRUE lagi, jika tidak muncul peringatan berarti proses koneksi delphi ke database MS. Acces telah berhasil.

Comments

  1. By dedy

    Reply

    • By Dian S. Prastowo

      Reply

  2. By dridzy

    Reply

    • By Dian S. Prastowo

      Reply

  3. By imah ajjj

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>