Instalasi Blog Menggunakan Softaculous di cPanel

Untuk mempermudah pengguna dalam menginstall script – script web software yang banyak beredar diluar sana, biasanya para penyedia web hosting menyediakan sebuah layanan untuk menginstall script – script tersebut.  Salah satunya adalah Softaculous, masih asing ya? memang sih yang banyak berkeliaran di antara cpanel adalah installer lain yang mungkin lebih akrab kita kenal yaitu Fantastico yang hampir tiap Web Hosting menyediakan layanan ini.

Apa Itu Softaculous?

Softculous adalah sebuah Auto intstaller yang digunakan untuk mempermudah pengguna dalam proses instalasi sebuah script web. Layanan Softaculous bisa kita pasangkan pada cPanel dan DirectAdmin dengan layanan ini di harapkan para pengguna cPanel maupun DirectAdmin tidak perlu repot lagi untuk mengkonfigurasi banyak file untuk menginstal script web mereka, selain itu juga bisa menyingkat waktu, karena dengan menggunakan auto instaler ini para pengguna tidak perlu lagi mengupload file – file instalasi. Pengguna hanya cukup mengupload file – file tambahan seperti themes ataupun plugins.

Seperti di langsir dalam situs resminya, bahwa softaculous ini mengklaim dirinya sebagai salah satu auto installer yang menyediakan 150 kumpulan script dan akan terus mengembangkannya. Beberapa layanan script yang disediakan oleh softaculious adalah sebagai berikut.


Installasi Softaculous

Bagi yang cPanel atau DirectAdmin nya belum menyediakan layanan softaculous ini, softaculous menawarkan proses installasi yang cepat dan mudah. Tinggal download filenya kemudian ikuti petunjuknya.

Untuk lebih meyakinkan anda terhadapa layanannya softaculous juga menampilkan hasil perbandingan dengan auto installer lainnya, check this out.

Cara Install Script Menggunkan Softaculous

Ok, untuk kasus ini saya akan mencoba memberi contoh instalasi wordpress menggunakan softaculous, silahkan anda masuk ke cPanel anda, *dengan catatan bahwa service softaculous telah terinstal di cPanel anda. Setelah anda masuk ke cPanel anda silahkan cari pada kelompok software / services

Silahkan pilih tombol Softaculous, maka anda akan di arahkan ke halaman utama softaculous

Karena kali ini kita akan menginstall wordpress, maka klik blogs pada menu di sidebar karena wordpress masuk kategori dalam blogs


di sampaikan di sana informasi mengenai space minimal untuk wordpress dan space yang masih tersedia di hosting anda, jika anda belum yakin untuk menginstall wordpress atau sekedar untuk melihat hasinya anda bisa mencoba demo nya dengan mengklik tab demo yang ada di menu atas, perlakuan ini bisa anda kenakan kepada script yang lain.

Untuk lagkah menginstal silahkan anda klik tab install maka anda akan di hadapkan pada form seperti berikut

choose protocol pada form ini kita diminta untuk memilih protocol yang kita gunakan, pada umumnya halaman web itu menggunakan protocol http, jika halaman web kita mempunyai SSH kita bisa menggunakan protocol https. Jadi untuk isian biarkan tetap di http://

choose domain di isi dengan domain dimana nanti alamat untuk mengakses halaman web kita, misalkan alamat domain kita namadomain.com dan kita punya sub domain dengan nama subdomain.namadomain.com. maka jika kita ingin nantinya blog ini bisa diakses melalui subdomain kita maka isikan dengan sub domain kita, namun jika ingin bisa diakses pada domain utama, biarkan pilihan pada domain utama.

in directory digunakan untuk meletakkan file installasi wordpress kita, misalkan kita ingin menginstall worpress kita pada directory http://namadomain.com/wordpress maka tinggal isikan nama direktorinya saja pada form,  wordpress. Dengan catatan bahwa directory tersebut harus sudah ada. Namun jika ingin di letakkan pada direktori utama, maka cukup kosongkan saja formnya.

database name berisikan nama database yang nantinya digunakan untuk menyimpan data – data dari wordpress, seperti settings, post, link dsb.

table perfix digunakan untuk menamai tabel – tabel yang ada dalam database, contoh hasilnya adalah jika kita menuliskan table perfix dengan wp_ maka hasilnya adalah wp_post, dan saya sarankan untuk table perfix biarkan seperti adanya. Ga usah diubah, biarkan tetap wp_

site name Isikan dengan nama situs anda, atau nama lenkap anda , atau merek situs anda

site description Berisikan keterangan mengenai situs anda

admin username masukkan username yang nantinya akan anda gunakan untuk masuk ke admin wordpress

admin password masukkan password yang nantinya akan anda gunakan untuk masuk ke admin wordpress

admin email terserah pada anda apakah ini akan anda isi atau tidak, tapi biasanya secara default akan terisisi sendiri

email installasion detail to krim konfirmasi installsi ke email anda

jika isian telah lengkap silahkan tekan tombol install, kemudian tunggu sebentar untuk penyelesaian proses. Jika proses instalasi anda berhasil maka anda akan mendapatkan laporan seperti berikut.


Comments

  1. By bet365

    Reply

    • By Dian S. Prastowo

      Reply

  2. Reply

  3. Reply

    • By Dian S. Prastowo

      Reply

  4. Reply

  5. Reply

  6. Reply

    • By Dian S. Prastowo

      Reply

  7. By gaba

    Reply

  8. Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>