Apa itu Hosting dan Domain ?

Web hosting dan web domain, ketika membicarakan mengenai dua istilah tersebut mungkin kebanyakan orang awam akan bertanya – tanya makanan apa itu? (halah…kok jadi makanan sih :D ). Ketika kita menanyakan tentang alamat web, misal kita bertanya , “alamat web universitas ini apa sih?”, pasti dengan cepat akan bisa menjawab, “oh kamu bisa akses universitas ini di alamat ini.ac.id”. Namun berbeda ketika kita menggunakan istilah, domain name dari universitas ini apa ya? Mungkin tidak bisa langsung menjawab bukan karena tidak tahu nama domainnya tapi lebih kepada arti domain itu apa. Terkadang kita sering terbentur dengan istilah – istilah teknis yang sebenarnya kita sudah paham dengan maksud dari  istilah tersebut dengan sebutan – sebutan yang lebih mudah. Ok, kembali kepada dua istilah yang akan kita bahas di tulisan saya kali ini. Sebenarnya hal ini (mengenai maksud dan arti dari web hosting dan domain ) juga terjadi kepada saya pada saat mengambil mata kuliah pemrograman web, waktu itu saya sedang mendapat tugas unutk membuat sebuah halaman web berita. Pada akhir tugas, sama sang dosen itu web harus di upload. Jadi yang tadinya hanya bisa di akses secara lokal (offline), sekarang harus bisa di akses melalui internet (online). Bingung juga sih waktu itu, dimana dan bagaimana saya harus meng-upload halaman web saya. Di saat diri ini masih dalam pencarian, ada beberapa temen yang ngobrolin mengenai hal ini, “eh, web mu kamu upload di web hosting mana? Pake domain apa?” Dalam hati saya ini apaan lagi ya, bukannya web hosting dan domain itu sama ya?

Web hosting dan domain itu sama, itulah anggapan yang selama ini muncul di benak saya. Maklum yang saya tahu sebelumnya ya hanya mengakses sebuah alamat web dan muncullah halamannya, selain itu juga karena kenalnya dulu sama blog, jadi di alamat itulah saya juga memposting tulisan saya. Akhirnya setelah melakukan pencarian, tanya sana tanya sini baru saya paham, kenapa temen saya tanya web hosting mu pake apa dan pake domain apa, ternyata emang keduanya itu berbeda. Dan berikut adalah pengertian dari web hosting dan domain yang saya pahami dari berbagai sumber.

Apa itu Web Hosting?

Web hosting adalah tempat dimana kita bisa membangun web site kita, disana kita bisa menyimpan segala pernak – pernik yang dibutuhkan oleh web site kita, seperti file html, file javascript, gambar, file php dan lainnya. Web hosting sendiri bisa kita dapatkan dari penyedia layanan penyewaan web hosting, kenapa kok penyewaan? Karena ketika kita membeli sebuah web hosting tidak selamanya web hosting tersebut menjadi milik kita, ada masa berlaku disana. Anda bisa memilih sendiri berapa lama kontrak web hosting anda. Ketika kita membeli sebuah web hosting kita akan mendapat sebuah IP address yang digunakan untuk mengakses halaman web site kita, contoh IP Address 202.183.203.18.

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan ketika membeli web hosting

    1. Penyedia Layanan Sewa Web Hosting

Karena di sini sifatnya kita sebagai penyewa, usahakan memilih penyedia layanan Web Hosting dan domain yang telah di percaya, jangan tergiur harga murah jika dalam kelanjutannya anda tidak mendapat layanan yang baik. Pilih penyedia layanan yang mampu melayanai 24 jam, jadi sewaktu – waktu terjadi masalah anda bisa langsung meminta bantuan dan segera bisa dilayanai.

    1. Kapasitas

Pilihlah kapasitas web hosting anda sesuai kebutuhan, jika hanya untuk blog pilih yang kecil, tapi jika nanti web site anda akan banyak gambar, lagu atau video yang di pasang silahkan pilih kapasitas yang besar.

    1. Fitur / Teknologi

Layanan apa saja yang anda dapatkan dari hosting yang anda sewa, misal mendukung bahasa pemrograman apa saja (ASP,PHP,JavaScript). Database apa yang disediakan (MySQL,Postgree), dan tentunya apakah hosting anda telah tersedia control panel untuk mempermudah anda dalam mengatur web site anda (cPanel,DirectAdmin)

    1. Bandwith

Anda harus memeriksa kapasitas bandwith yang disediakan. Bandwith merupakan besarnya data transfer dalam sebulan. Jadi perhatikan bandwith yang disediakan dengan ukuran file HTML anda, apabila pengunjung website anda semakin banyak tentu saja bandwithnya juga akan semakin besar. Jad kalau bisa pilih penyedia layanan Web Hosting dan Domain yang meyediakan bandwith unlimited.

Apa itu Domain?

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi  Komputer server yang ada di jaringan Komputer atau halaman web di internet, yang bertujuan untuk mempermudah pengguna mengakses komputer  atau halaman web tersebut. Sebenarnya tiap komputer server atau web hosting sudah mempunyai pengalamatan sendiri yaitu menggunakan IP Address, tetapi akan menjadi sulit bagi pengguna untuk mengingat satu persatu alamat IP  komputer atau halaman web yang berupa deretan angka. Jadi dengan nama domain ini IP Address yang berupa deretan angka disederhanakan dengan kata – kata yang lebih mudah diingat. Orang  akan lebih mudah mengingat www.google.com daripada harus mengingat IP Address 209.85.132.104 ketika akan mengakses halaman utama dari google.

Nama domain untuk masing – masing web site haruslah berbeda (unik), ketika misal tokomu.com telah dipakai orang lain, kita tidak bisa menggunakan nama domain tersebut lagi. Dengan begitu kita harus mencari nama domain yang belum di gunakan orang, bisa saja dengan tokomu.net atau tokomu.biz yang penting tidak sama persis. Untuk mengecek ketersediaan nama domain bisa anda cek di penyedia layanan Web Hosting dan Domain

Sedangkan nama domain sendiri tersedia dalam berbagai macam, seperti : .com, .net, .info, .org, .gov, .sch, .ac, .edu, .id, .in, .cc dan lain – lain.

Saya rasa bagi yang sudah mengenal dunia IT tidak kesulitan untuk memahami penjelasan di atas, namun sebagian orang belum tentu bisa langsung paham dengan pengertian – pengertian yang di dalamnya ada istilah – istilah IT yang belum mereka pahami, dan itu yang terjadi pada saat saya menjelaskan maksud arti dari web hosting dan domain  pada awal – awal saya memberi materi pemrograman web di study club yang saya ampu, meskipun para peserta rata – rata sudah pada mengenal IT tetapi ketika saya sodori pengertian – pengertian di atas mereka masih kebingungan. Akhirnya saya lebih memilih untuk menjelaskan pengertian – pengertian tersebut dengan sebuah analogi.  Disini saya meng-analogikan bahwa internet itu layaknya bumi, ketika anda ingin hidup di dunia internet maka anda harus punya rumah, bangunan, atau gedung sebagai tempat tinggal layaknya kita tinggal di dunia nyata.

Untuk membangun sebuah rumah, maka anda harus mempunyai lahan terlebih dahulu, klo dalam dunia nyata kita beli tanah dulu yang kemudian akan kita dirikan sebuah bangunan di atasnya. Ketika kita membeli sebuah tanah, kita akan membeli tanah itu dengan luas berapa? Tentunya luas disesuaikan dengan bangunan yang akan kita dirikan. Lahan yang kita beli pasti mempunyai posisi koordinat pada garil Lintang berapa dan Garis bujur berapa.

Dari gambar di atas bisa kita ambil korelasi yaitu web hosting adalah lahan atau tanah yang kita beli, luas tanah adalah besar kapasitas dari web hosting kita, sedangkan posisi koordinat web hosting di wakilkan dengan IP Addres. Sedangkan domain adalah alamat yang kita berikan untuk mengakses halaman web kita layaknya alamat rumah kita.

Comments

  1. By bintang

    Reply

  2. By adib

    Reply

    • By Dian S. Prastowo

      Reply

  3. Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>