Memfilter Email (Mengelompokkan Email) ke Folder Tersendiri

Teman – teman pernah ada masalah dengan inbox email yang bejibun banyaknya, karena satu account email di gunakan untuk mendaftar segala keperluan di dunia maya? Misalnya satu account email digunakan untuk mendaftar banyak jejaring sosial, forum, milist dan yang lainnya. Dengan banyaknya email yang masuk, terutama yang dari jejaring sosial, mungkin membuat kita malas untuk membaca email satu persatu karena semua email yang masuk bercampur aduk menjadi satu. Saking banyaknya tentunya kita ada beberapa email yang terlewatkan, klo bukan merupakan pesan yang ga penting sih tidak menjadi masalah. Yang menjadi masalah jika email yang terlewat adalah email yang berisi informasi penting bagi kita.

Beberapa teman ada yang menyiasati dengan membuat account email lebih dari satu, dengan fungsi berbeda bagi tiap account. Mungkin itu bisa menjadi solusi alternatif, tapi capek juga ya klo harus log in dari account email yang satu ke email account yang lainnya. Apalagi klo koneksi lagi lambat -_-* . Jadi caranya gimana ya, biar kita cukup log in satu account email saja tapi bisa mengelompokkan pesan yang masuk, agar tidak campur bawur menjadi satu, sehingga kita mudah untuk mengecek dan memilih email yang akan kita baca dengan terpilah – pilah.

Ok, jadi biasanya account email menyediakan fitur filter untuk mengatur email yang masuk ke account kita. Pilihan filter ini ada banyak macam pilihan. Seperti mengelompokkan email ke folder tertentu, menandai email email tertentu, menghapus otomatis email email tertentu, dan memforward otomatis. Namun untuk tulisan kali yang akan saya bahas adalah bagaimana mengelompokkan email  ke dalam folder Рfolder tertentu.

    1. Gmail

- Klik link create a filter

Create Filter

- Masukkan parameter filter yang diinginkan, berdasar kan apa anda akan memfilter. Dalam kasus ini saya akan mengelompokkan semua email yang berasal dari twitter dan semua email yang ber-subject twitter.

Filter Criteria

untuk mengecek apakah parameter yang dimasukkan sudah benar, silakan klik tombol test search untuk lanjut silakan tekan tombol Next Step

- Silakan pilih aksi yang akan kita lakukan terhadap email yang telah kita tentukan

Action

- selanjutnya silakan beri nama untuk folder nya

Make Folder

- setelah beres semua silakan pilih tombol Create Filter

Create Filters

    1. Hotmail

- Cari link options, biasanya letaknya di pojok kanan atas. Kemudian pilih more options

Options

- setelah itu klik link Rules for sorting new messages

Option Menu

- Tekan tombol New

New

- Pilih Sender’s name isikan nama pengirim dari email yang akan kita kelompokkan dan tentukan action nya

setelah itu tekan tombol Save

Create Rule

    1. Yahoo

- klik link options , biasanya terletak di pojok kanan atas. Kemudian pilih more options

Options

- Pilih filters kemudian tekan tombol add filter

Add Filters

- Masukkan parameter filter yang diinginkan, berdasar kan apa anda akan memfilter. kemudian tekan tombol Save Changes

New Filters

- Beri nama folder baru

New Folder

- proses selesai, untuk melihat hasilnya silakan klik back to mail

Comments

  1. By irkif

    Reply

  2. By lugie

    Reply

    • By Dian S. Prastowo

      Reply

  3. By sony

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>