Rasa Rindu itu Akhirnya Terobati

Entah mengapa sepertinya tahun 2015 ini saya awali dengan sesuatu yang menurut saya amazing. Termasuk kejadian kemaren, di artikel yang saya posting sebelumnya, pernah saya sampaikan bahwa saya rindu mengajar. Eh, akhirnya kesampean juga kemaren dapat kesempatan mengajar lagi di SMK 1 Cimahi, meskipun hanya sebagai guest teacher, cukuplah mengobati kerinduan hampir lebih dari tiga tahun belakangan ini.

Sebenarnya diluar rencana juga, karena terjadwal jum’at dari kami BIG diminta untuk sharing tentang produk kami berbagi yuk, dan yang diminta untuk mengisi adalah temen yang ngurusin komunitas, kebetulan yang meminta untuk mengisi di SMK 1 itu adalah teman dia yang saat ini mengajar disana. Karena jam pelajaran yang dipakai untuk sharing berbagi yuk ini adalah jam mata pelajaran pemrograman dasar, ada inisiatif dari CTO kita untuk ikut nambah materi selain berbagi yuk, yaitu pemrograman dasar. Kebetulan waktu yang kerjaan sudah cukup senggang adalah saya, karena teman teman masih disibukkan dengan project kita, jadilah saya disuruh untuk ikut ngisi, awalnya tema materi yang mau disampaikan adalah tentang “Pengenalan Pemrograman Dasar di iOS”, tapi setelah saya konfirmasi ke temen soal estimasi waktu yang diberikan, saya perhitungkan kok ga cukup untuk materi tersebut, apalagi waktu untuk mempersiapkan materi nya juga sempit, karena hanya ada waktu semalam doang.

Karena dirasa materi tersebut masih belum siap untuk disampaikan, jadi saya putuskan untuk menyampaikan materi umum tentang programmer dan programming, slide presentasi nya saya kasih judul “Programmer Change The World”. Jum’at pagi saya pun meluncur ke SMK 1 Cimahi berbekal petunjutk teman, nyampai sana serasa dibawa kembali ke masa masa SMA, saya langsung disuguhi pemandangan siswa dan siswi yang telat masuk, jadi teringat pak Marjo guru SMA yang tiap pagi nge-hukum teman teman yang terlambat masuk. hiihihihi.. Kemudian kami bertemu dengan bu syifa, dan ternyata yang diminta mengisi tidak hanya dari kami BIG, tapi ada beberapa alumni ini juga, hal ini dia lakukan karena mau mencoba menerapkan metode mengajar yang berbeda. Tujuan paling utama adalah agar para siswa ini termotivasi untuk semangat belajat pemrograman. Oh iya, jadi kelas yang saya isi ini, itu kelas TKJ (Teknik Komputer Jaringan) yang sebelumnya tidak ada mata pelajaran pemrograman dasar. Dan memang sih, waktu saya kuliah dulu, saya sih ambil konsentrasi di SI tapi coba coba ambil mata kuliah di konsentrasi jaringan, yaitu waktu itu mata kuliah pemrograman jaringan, terlihat teman teman jaringan yang mengira bahwa jaringan itu tidak ada mata kuliah pemrograman jadi lumayan kesulitan, apalagi pemrograman yang diajarkan adalah pemrograman socket. Teman teman saya yang mengambil konsentrasi jaringan karena berharap tidak ketemu pemrograman lagi, eh malah ada yang lumayan sulit. Begitu juga dengan adik adik SMK ini mungkin kali ya, mencoba mengindar dari mata pelajaran pemrograman eh, malah ada dalam kurikulum barunya. Ya, bagi saya setiap insan informatika harus tahu, pernah merasakan dan paham yang namanya algoritma dan pemrograman, karena menurut saya seni nya dalam berinformatika ya itu tentang algoritma dan pemrograman, karena algoritma dan pemrograman ini adalah seni dalam memecahkan suatu masalah dalam suatu sistem yang runtut, kalo anak informatika kok ga paham algoritma, maka bagi saya belum bisa disebut anak informatika… hehehehe…

Kembali ke soal ngajar, karena yang mengisi udah banyak dan kemudian harus ditambah materi dari saya, maka bu syifa khawatir waktunya tidak cukup, cuma karena bu syifa tadi menyampaikan tujuannya untuk memotivasi siswa siswinya saya rasa materi yang akan saya sampaikan cukup pas, tidak banyak (Saya coba meyakinkan pake ala ala orang MLM… hahahaha). Akhirnya dikasih waktu juga untuk saya bisa menyampaikan materi saya, (Ya rugi aja, udah lembur sampe jam 2 malam tapi gagal disampaikan, jadi gimana cara nya saya harus tetap ngisi… hahahahaha).

Tibalah giliran saya untuk menyampaikan materi, lumayan merasakan grogi yang cukup hebat juga setelah lama ga mengajar. Tapi setelah dapat tone nya akhirnya lancar juga, slide yang saya estimasi bisa selesai dalam waktu 15 menit, akhirnya molor sampai 30 menit… hehehehehe…. Klo yang pernah tahu / kenal saya mengajar pasti maklum, karena selalu di setiap materi saya sisipkan hal hal lain, yang akhirnya memakan waktu. Hal ini menjadi koreksi bagi saya, soal perhitungan estimasi waktu dalam penyampaian materi, klo dalam pitching jadi mbleber gini wah bisa lewat, cuma berhubung karena ini disampaikan ke temen temen pelajar ga pa pa lah sekalian nambah pengetahuan buat mereka.

Terimakasih buat bu syifa dan teman teman TKJ SMK 1 Cimahi yang memberikan kesempatan kepada saya untuk melepaskan dahaga mengajar yang telah lama terasa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>